SIA

Pengenalan Sistem Informasi akuntansi

System informasi adalah serangkaian prosedur formal dimana data di kumpulkan, diproses menjadi informasi dan didistribusikan ke para pengguna.

Definisi lain adalah system akuntansi merupakan metode dan prosedur untuk mencatat dan melaporkn informasi keungan yang disediakan bagi perusahan atau suatu organisasi bisnis.

System akuntansi sangat kompleks dan cendrung dikhususkan karna kebutuhan yang berbeda-beda dari para manejer. System akuntansi terdiri atas dokumen bukti transaksi, alat – alat pencatat, laporan dan prosedur yang di gunakan sebuah perusahaan. Operasi system akuntansi meliputi tiga tahapan :

-harus mengenal dokumen bukti transaksi

-harus mengelompokan dan mencatat data transaksi

-harus meringkas informasi

System akuntansi harus di rancang untuk memenuhi spesifikasi informasi untuk perusahaan. Pertimbangan utama dalam merancang system akuntansi adalah keseimbangan antara manfaat dan biaya yang di keluarkan untuk memperoleh informasi tersebut . laporan yang disajikan oleh system akuntansi harus dibuat tepat waktu jelas dan konsisten dan juga disesuaikan dengan kebutuhan pemakai agar dapat menjadi bahan pertimbangan dalam mengambil keputusan. Implementasi sistem bukan hanya merupakan tanggung jawab personel yang ada pada bagian tertentu, tetapi semua personil harus bertanggung jawab terhadap pengoperasian sistem. Pengoperasian sistem harus secara hati-hati dan selalu dilakukan supervisi atas sistem tersebut sebelum dioperasikan sepenuhnya.

Sistem Informasi Akuntansi (SIA) adalah sebuah Sistem Informasi yang menangani segala sesuatu yang berkenaan dengan akuntansi. akuntansi sendiri sebenarnya adalah sebuah sistem informasi. Fungsi penting yang dibentuk SIA pada sebuah organisasi antara lain :

  • Mengumpulkan dan menyimpan data tentang aktivitas dan transaksi.

  • Memproses data menjadi into informasi yang dapat digunakan dalam proses pengambilan keputusan.

  • Melakukan kontrol secara tepat terhadap aset organisasi.

Subsistem SIA memproses berbagai transaksi keuangan dan transaksi nonkeuangan yang secara langsung memengaruhi pemrosesan transaksi keuangan.

SIA terdiri dari 3 subsistem:

  • Sistem pemrosesan transaksi mendukung proses operasi bisnis harian.

  • Sistem buku besar/ pelaporan keuangan menghasilkan laporan keuangan, seperti laporan laba/rugi, neraca, arus kas, pengembalian pajak.

  • Sistem pelaporan manajemen

yang menyediakan pihak manajemen internal berbagai laporan keuangan bertujuan khusus serta informasi yang dibutuhkan untuk pengambilan keputusan, seperti anggaran, laporan kinerja, serta laporan pertanggung jawaban.