KEKUATAN MIMPI

Apa sih yang ada dipikiran kita saat kita membaca dimalam hari dengan penerangan lampu, kita menonton televise atau saat sedang berpergian dengan sebuah pesawat terbang?? Apakah pernah terpikir oleh kita bahwa orang – orang yang telah berjuang untuk sedemikian rupa sehingga tercipta berbagai kemudahan – kemudahan yang bisa kita gunakan dijaman teknologi yang serba canggih ini???

Kalau dahulu kita harus bersusah payah menulis dengan mesin ketik, sekarang ada computer. Kalau dahulu berpergian dari satu pulau ke pulau lain harus memakan waktu yang lama, maka kini hanya dengan menumpang pesawat beberapa jam saja kita bisa dengan mudah mencapai tempat – tempat yang jauh.  Sadarkah kita bahwa waktu sewaktu benda – benda canggih itu dibuat, sejarah tercipta?? Ada orang – orang dengan mimpi yang menjadikan sejarah tersebut. Tidakkah kita berpikir bahwa dengan mimpi –mimpi kita, sejarah juga bisa dibuat?? ^.^

Miliki VISIHidup kita telah ditetapkan untuk suatu tujuan yang baik. namun sayangnya hany sedikit orang yang benar – benar mau serius memikirkan hidupnya. Dan dari sedikit orang tersebut, banyak yang berhasil karena mereka menemukan tujuan yang kuat dalam hidup. Bahkan banyak dari mereka mengukir sejarah karena mengerjakan apa yang mereka impikan.

Impian atau visilah yang memotivasi Wright bersaudara, Thomas Alfa Edison serta banyak penemu lainya dalam menhadapi setiap tantangan. Mimpi menciptakan mesin ajaib selalu membayangi benak mereka, hingga mereka berani mempertaruhkan hidup untuk membuat perbedaan melalui mimpi mereka. ITULAH VISI. Visi biasanya merupakan sesuatu yang diimpartasikan dari Tuhan kepada orang – orang pilihannya berdasar pada pengenalan yang akurat akan Tuhan, diri sendiri dan keadaan sekitar.

 

Bagaimana Mendapatkan VISI Dalam menggali visi, penting bagi kita memahami diri sendiri agar bisa mengerti dan melihat apa yang Tuhan ingin kita lakukan dalam hidup ini serta menemukan kebenaran didalamnya, sehingga muncul gagasan – gagasan yang membuat kita siap untuk mati bagi gagasan tersebut.

Melakukan sesuatu tanpa tujuan yang jelas sama seperti pesawat terbang yang berputar – putar tanpa arah. Bayangkan, jika pesawat tersebut tidak terkendali oleh tujuan dan navigasi yang benar, pesawat tersebut menuju kehancuran. Jadi sangat penting untuk memiliki visi dan mengambil peran kita dalam visi tersebut.

                                                        

 

Bagaimana Menjalankan Visi Setelah mengetahui visi, langkah berikutnya adalah menuliskan semua gagasan tersebut dan merencanakan how to atau bagaimana cara mencapainya. Ada pepatah mengatakan “fail to plan is planning a failure”. Gagal merencanakan adalah merencanakan kegagalan.

Langkah selanjutnya adalah membuat detail rencana berupa goal setting alias catatan rencana tujuan yang sudah kita tentukan secara detail menyangkut tahun,bulan,minggu,hari,kuantitas atau jumlah. Artinya untuk mencapai Visi tersebut harus ada rencananya Tahunan,bulanan,mingguan,harian. Itulah maksud GOAL SETTING.

Paduan yang sangat umum dalam menyusun goal setting adalah dengan cara SMART (specific, measurable, achieveable, realistic dan time frame). Tentunya goal setting harus berjalan dengan visi.

Tidak cukup menulis dan merencanakan, tapi aksi atau tindakan juga merupakan bagian penting dari mencapai visi tersebut. Dengan melakukan tindakan terhadap goal setting, kita bisa mengevaluasi rencana tersebut secara berkala baik harian, mingguan, bulanan dan tahunan. Terserah kita untuk memilih kombinasi evaluasi mana yang paling sesuai dengan kita. Displinlah untuk mengevaluasi dan bersikap fleksibel terhadap perubahan.

Mimpikan sesuatu yang besar , kerjakan itu dengan jiwa dan semangat yang besar  serta doakan hal yang besar itu terjadi. Jika kita lakukan, jangn heran bila kelak sebagai “Man of Vision”